Ragam Bisnis Sukses Online dan Offline dengan Modal Kecil

Ragam Bisnis Sukses Online dan Offline dengan Modal Kecil ,- Sekarang ini, di zaman yang semakin maju, semakin banyak pengusaha – pengusaha bermunculan di dunia bisnis Indonesia. Mereka pun hadir tidak hanya berskala besar tapi juga dari skala menengah bahkan usaha yang berskala kecil pun mengalami peningkatan yang cukup signifikan pertumbuhannya di dunia bisnis  Indonesia. Dengan banyaknya peluang bisnis dengan modal kecil ini, membuat orang – orang untuk mencoba dan mumulai usaha mandiri. Dari usaha kecil menengah ini tidak hanya membangun sebuah toko yang terlihat fisiknya tetapi mereka membuat toko virtual di dunia internet yang mana dapat menjangkau populasi yang lebih besar dari pada hanya sekedar membangun sebuah toko. Bahkan dari beberapa pengusaha online yang saya kenal mempunyai pendapatan yang luar biasa memuaskan.  Oleh karena itu, saya tertarik untuk membuat coretan kecil yang berkaitan dengan dunia bisnis, online maupun offline.

Dalam memulai suatu bisnis, banyak dari calon pengusaha mengalami berbagai kendala. Kendala yang biasa dan sering kita dengar seperti tidak adanya modal, kurangnya modal untuk memulai dan berbagai kendala lainnya. Mungkin kita berpikir untuk menjam uang dari bank ataumencari investor atau menggadaikan barang kita untuk mendapatkan modal, tapi ini tidaklah mudah. Dari kebanyakan investor dan bank pasti akan menanyakan sejauhmana pengalaman kita dalam berbisnis dan hal – hal yang berkaitan dengan informasi sekitar dunia bisnis. So, apakah dengan kurangnya modal menjadi penghambat kita untuk memulai sebauh bisnis mandiri ? Tentu tidak kan jawabannya . Kita dapat memulai sebauh bisnis yang dapat kita kerjakan tanpa modal yang besar, cukup dengan modal kecil  kita sudah dapat memulai bisnis kita. Karena banyak sekali peluang usaha dengan modal kecil yang dapat kita temukan di sekitar kita.

Jika kita berbicara bisnis dengan modal kecil berarti kita juga harus tetap memiliki modal yang cukup untuk memulai bisnis tersebut. Kita juga harus mengeluarkan uang, modal pikiran, kerja keras, semangat dan do’a pun harus kita keluarkan. Tapi jangan pesimis dengan apa yang belum kita miliki, tapi syukuri dan manfaatkan apa yang sekarang kita miliki, misalanya menjadikan rumah sebagai ruang usaha tanpa harus menyewa tempat usaha, memafaatkan anggota keluarga, sahabat untuk menjalankan bisnis hitung – hitung membantu keluarga dan sahabat kita.

Ragam Bisnis Sukses Online dan Offline dengan Modal Kecil

 

A. Bisnis Online


Bisnis online sangat cocok kalau kita kombinasikan dengan bisnis offline kita miliki. Misalnya kita memmpunyai toko souvenir pernikahan, kita juga bisa mempromosikan souvenir itu secara online, yang pastinya jangkauan pasarnya pasti semakain luas dan bisa mencapai luar negeri. Walaupun kita tidak memiliki bisnis offline, kita tetap bisa untuk membangun bisnis berbasis online. Berikut beberapa bisnis online dengan modal kecil :

1. Bisnis Menjadi penulis lepas

Sekarang ini cukup banyak orang yang menjalani profesi sebagai penulis lepas. Misalnya menulis artikel bahasa inggris ataupun menulis artikel bahasa Indonesia dengan tarif yang berbeda – beda tergantung kebijakan kita sendiri. Biasanya biaya penulisan artikel bahasa inggris jauh lebih mahal dari pada menulis artikel bahasa Indonesia. Ini beberapa situs  yang dapat dijelajahi untuk mendapatkan pekerjaan dari orang yang sedang mencari penulis artikel, misalnya: fiverr.com, ads-id.com, dan masih banyak lagi.

2. Bisnis Iklan di blog / website

Bisnis iklan ini sangat cocok bagi para pengguna blog dan orang yang senang denga aktivitas blog. Dari berbagai macam bisnis iklan di blog adalah dengan mengikuti program PPC ( pay per click ) seperti Google Adsense, Klik Saya, Kumpul Blogger, Sitti, Chitika dan banyak lagi yang lainnya. Selain mengikuti iklan PPC, model bisnis iklan lain bisa dengan cara menawarkan space iklan pada blog ataupun web yang kita miliki dengan ketentuan harga dari kita sendiri.

3. Bisnis Affiliasi

Bisnis Affiliasi merupakan bisnis yang banyak dijalankan oleh banyak pengusaha bisnis online dalam negeri maupun luar negeri. Kita tidak harus memiliki banyak produk, tapi kita dapat menjual produk orang lain dengan internet, dari blog, FB, Twitter, dan social media lainnya. Kitapun akan mendapatkan komisi dari barang yang yang terjual. Produk yang dapat kita jual bermacam- macam, Fashion, Souvenir, Digital dan lain – lain.

4. Bisnis dengan membuat toko online

Mempunayi sebuah toko online sangatlah mudah. Bisnis ini dapat dijalankan oleh orang yang mempunyai toko offline. Bisnis ini juga bisa dikerjakan oleh orang yang tidak mempunyai produk, misalnya dengan bergabung menjadi members dengan system dropship yang ditawarkan oleh sebuah produsen barang. Salah satu contoh toko online yang saya kelola sendiri sesuai dengan passion saya di bidang beladiri dengan nama Kedai Beladiri.
.

B. Bisnis Offline


Banyak sekali peluang bisnis dengan modal kecil yang bisa dikerjakan. Kita dapat memulai bisnis dan menjalankan bisnis dengan baik tanpa harus menyewa tempat untuk usaha kita. Walaupun begitu kita harus tetap mempertimbangkan pasar yang ada di sekitar kita. Kita hatus melihat apa yang dibutuhkan oleh orang – orang di sekitar kita. Berikut beberapa ragam bisnis dengan modal kecil yang bisa kita kerjakan:

1. Menjual pulsa elektrik

Memulai bisnis pulsa sangat mudah hanya dengan modal Rp 100.000 – Rp 200.000 kita sudah dapat mulai menjalankan bisnis ini, cocok dikerjakan dimana saja dan siapa saja. Jika anda orang  yang aktif dalam sebuah organisasi dimana anggotanya cukup banyak, atau anak kuliahan, maka bisnis jual pulsa bisa sangat menguntungkan, karena kita bisa menjualnya pada teman-teman yang berada di organisasi dan  kampus.

2. Membuat dan menjual makanan/ snack

Kalau anda memiliki resep makanan yang unik atau banyak digemari banyak orang. Usaha ini cocok untuk orang yang menyukai kuliner. Banyak orang yang berhasil yang berhasil manjalankan bisnis makanan, dan bisnisnya berkembang bahkan bercabang – cabang di tempat lain.

3. Membuka les private

Jika anda mempunyai kemampuan dalam bidang akademis tertentu, misalnya bahasa inggris, computer, music dan lain – lain. Anda bisa memberikan les private di rumah atau biasa membuat lembaga les di rumah sendiri. 

4. Membuka warung atau toko sembako

Bisnis ini sudah banyak yang mengerjakannya karena itu kita sebaiknya melihat tingkat persaingan yang ada, lokasi, dan juga modal yang kita miliki.

Masih banyak lagi ragam bisnis sukses dengan modal kecil yang bisa kita kerjakan tapi saya tidak bisa menjelaskannya secara detail di artikel singkat ini. Satu hal yang perlu kita ingat dalam berbisnis atau usaha dengan modal kecil, bukan berarti modal kecil hasil juga kecil. Buktinya usaha kenalan saya yang sudah berpenghasilan lumayan, bahkan lebih besar dari gaji seorang manajer. Visi dan misi, semangat,  kerja keras, berdo’a yang dilakukan secara terus menerus pasti akan memberikan hasil yang maksimal, bahkan bisa melebihi apa yang menjadi harapan kita. 


Semoga ragam bisnis sukses online dan offline dengan modal kecil ini ini dapat memberikan inspirasi. Jika anda anggap baik dan bagus untuk dibagikan. Silahkan share ke teman – teman dan kerabat- kerabat kita. Dengan kita membagikan ini, setidaknya kita telah membantu mereka untuk lebih maju dan kita akan mendapatkan pahala karena telah memberikan sedikit informasi untuk mereka. Terimakasih “ Salam Sukses “